Seminar Online Bertajuk “Pelatihan Penerjemahan Bagi Guru Bahasa Jepang”

Sabtu, 12 Desember 2020, Kegiatan PKM terselenggara berkat kerja sama antara program studi bahasa dan sastra Jepang STBA JIA Bekasi dan program studi bahasa dan sastra Jepang STIBA INVADA. Tema yang diusung adalah penerjemahan. Tim PKM STBA JIA yang terdiri atas bapak Dr. Rainhard Oliver H.W., SS., M.Pd. selaku ketua, Ibu Anggiarini Arianto SS., M.Hum. beserta Ibu Siti Nur Isnaini, SS., M.Pd. berkolaborasi dengan Tim STIBA INVADA yang terdiri atas Ibu Yanti Hidayati, S.Pd., M.Hum. selaku ketua, dan Ibu Citra Dewi, M.Pd. beserta Bapak Fahmi Reza, SE., M.IT.

 Pemateri, fasilitator dan peserta acara.

Judul PKM kolaborasi ini adalah “Pelatihan Penerjemahan Bagi Guru Bahasa Jepang di Wilayah 3 Cirebon dan Bekasi”. Penerjemahan dan pengajaran seperti dua sisi mata uang. Penerjemahan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bahasa. Penyaji materi pelatihan Pada PKM kali ini adalah Ibu Anggiarini Arianto, SS. M.Hum. dan Bapak Fahmi Reza, SE., M.IT. Materi yang diberikan oleh ibu Anggi lebih terpusat pada teknik penerjemahan secara teoretis dan penerapannya dalam pengajaran bahasa. Sementara materi yang disajikan oleh bapak Fahmi lebih kepada praktik penerjemahan. Latar belakang bapak Fahmi sebagai praktisi penerjemah memberikan banyak wawasan bagi para peserta kegiatan PKM.

Ibu Anggiarini Arianto, SS., M.Hum. saat memaparkan tentang jenis-jenis teknik penerjemahan.

 

Bapak Fahmi Reza, SE., M.IT. saat memaparkan tentang penerjemahan lisan

Selain memaparkan materi, PKM kali ini pun mengajak para pesertanya untuk dapat mempraktikkan beberapa teknik penerjemahan. Melalui PKM kali ini diharapkan mampu memberikan wawasan mengenai penerjemahan, khususnya penerjemahan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

PKM kolaborasi ini bukanlah yang terakhir bagi STBA JIA dan STIBA INVADA, kedepannya diharapkan dapat terus melaksanakan kegiatan yang memberikan pengetahuan bagi masyarakat, terutama pengetahuan di bidang bahasa dan budaya Jepang.

Wakil Ketua I STBA JIA, Bapak Drs. Sudjianto, M.Hum. saat memberikan sambutan acara

Para pemateri dan fasilitator acara di akhir acara