Webinar PKM “Pelatihan Percakapan Sederhana Bahasa Jepang”

Pada kesempatan kali ini STBA JIA melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bekerjasama dengan SMAN 1 Cikarang Utara, Bekasi yang dilaksanakan pada hari Kamis, 7 April 2021. Para siswa SMA Negeri 1 Cikarang Utara yang berjumlah 108 orang dengan didampingi satu guru mata pelajaran, antusias mengikuti kegiatan PKM dengan judul ‘Pelatihan Percakapan Sederhana Bahasa Jepang’ secara daring  melalui Zoom Webinar. Kegiatan  yang dimulai dari pukul 13.00, dan berakhir tepat pukul 14.30 siang berjalan dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Seluruh kegiatan dilaksanakan bersama-sama oleh tim PKM yaitu dosen STBA JIA beserta Native Speaker dan mahasiswa SI dan D3 Program Studi Jepang STBA JIA Bekasi dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Cikarang Utara sebagai peserta.

Pada awal acara, tim PKM mempersiapkan ruang Zoom yang akan digunakan untuk kegiatan. Mulai pukul 12.30 panitia sudah bersiap memasuki ruang Zoom, dan peserta sudah mulai memasuki Zoom yang link nya sudah dibagikan beberapa hari sebelumnya. Pukul 13.00 tepat acara dimulai dengan pembukaan dari ibu Aam Hamidah,M.Pd., sebagai ketua pelaksana acara dan merangkap sebagai pemateri. Presentasi tentang budaya Jepang yaitu Hanami atau melihat sakura pada saat mekar dijelaskan dengan detil oleh pemateri. Dalam presentasi juga dijelaskan bagaimana Jepang yang merupakan negara kepulauan yang alamnya begitu indah,  dan terkenal sebagai negara yang sering terjadi gempa bumi, tsunami dan taifuu atau angin topan. Meskipun terkenal dengan negara yang sering mengalami bencana,alam namun terdapat keindahan yang begitu dirindukan oleh masyarakat Jepang yaitu keindahan melihat bunga sakura yang berbunga di semua tempat saat musim semi (haru). Banyak orang Jepang menikmati mekarnya bunga sakura dengan duduk-duduk di bawah pohon sakura sambil mengobrol, menikmati makanan dan minuman, bernyanyi sambil menikmati keindahan di sekitar.

Pemateri Ibu Aam Hamidah,M.Pd dan Masugata Shiro Sensei mempresentasikan tentang Hanami

Pemateri yang juga Native Speaker Masugata Shiro Sensei turut mempresentasikan tentang budaya Jepang dengan menjelaskan tentang musim-musim di Jepang beserta hal apa saja yang dilakukan masyarakat Jepang pada musim-musim tersebut. Siswa juga diminta berlatih melakukakan percakapan sederhana saat mengajak Masugata Shiro Sensei untuk melihat bunga sakura atau hanami. Meski siswa malu-malu tapi mereka ternyata antusias untuk mencoba berlatih percakapan dan mengikuti acara ini hingga selesai. Tim PKM Ibu Siti Nur Isnaini,S.S.,M.Pd., serta Ibu Rahayu Aprilianti,S.S.,M.Pd., membantu memandu jalannya acara supaya berjalan lancar melalui Zoom. Peran mahasiswa STBA JIA juga sangat membantu keberhasilan acara tersebut. Mahasiswa Sastra Jepang SI diwakili oleh Reynaldi Surya Santika dan Frisca Nanda Alisa, sedangkan mahasiswa D3 bahasa Jepang diwakili oleh Syifa Lathifah.

Peserta antusias mengikuti acara PKM

Dari acara tersebut, siswa banyak yang merasa senang dan puas karena mendapatkan pengetahuan baru dari para pemateri, terutama  budaya Jepang (Nihon Bunka) dan berlatih Bahasa Jepang melalui percakapan sederhana. Beberapa Cenderamata diberikan kepada beberapa siswa yang berani bertanya dan unjuk kemampuan dalam berlatih percakapan Bahasa Jepang Bersama native serta yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan pemateri. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto Bersama Tim pemateri dan panitia, serta seluruh peserta PKM dari SMA Negeri 1 Cikarang Utara.

Peserta berfoto bersama di akhir acara PKM