Webinar PKM “Pelatihan Teknik Menggambar Karakter Dan Panel Komik Ala Jepang Tingkat Dasar “

Sebagai wujud dari Tridarma Perguruan Tinggi, salah satu bentuk kegiatannya adalah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu Program Studi Bahasa Jepang (D3) STBA JIA Bekasi, telah melaksanakaan kegiatan yang berhubungan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut pada hari Sabtu, tanggal 3 April 2021, berupa PELATIHAN TEKNIK MENGGAMBAR KARAKTER DAN PANEL KOMIK ALA JEPANG TINGKAT DASAR di SMAN 4 Kota Bekasi.

Manga dan anime tidak hanya besar sebagai budaya pop Jepang namun menjadi salah satu industri berpenghasilan besar di Jepang. Dengan mempelajari budaya pop ini semakin banyak kalangan anak muda yang menyalurkan bakat dan minatnya untuk mempunyai keterampilan sebagai seorang creator manga atau juga animator. Keterampilan menggambar ala Jepang tidak bisa didapat secara instan nemun diperlukan penguasaan teknik-teknik dasar dan juga praktek yang rutin dan berkelanjutan.

Teknik gambar ala Jepang dapat diperkenalkan pada siswa dan siswa di SMA Negeri 4 Kota Bekasi. Berbagai materi dasar mengenai teknik gambar ala Jepang  dipresentasikan oleh salah satu dosen STBA JIA yaitu Rosi Novisa Syarani, M.Pd yang juga telah membawakan materi mengenai budaya pop Jepang , tidak hanya itu pada pelatihan ini telah mengundang salah satu fleelancer yang aktif menjadi content creator bernama Indah Reski Ananda / Matcha San yang mendemostrasikan teknik menggambar ala Jepang. Berbagai teknik ditampilkan, seperti teknik penggambaran karakter juga panel komik ala Jepang. Namun karena dalam masa pandemi maka seluruh kegiatan presentasi dan demontrasi dari pembicara tamu telah dilaksanakan secara online menggunakan platform Zoom STBA JIA.

Para Peserta antusias menggambar ala jepang

Pada pelatihan ini, STBA JIA telah memperkenalkan budaya Jepang khususnya budaya pop manga dan anime kepada para siswa sehingga dapat menambah pengetahuan tentang budaya pop Jepang terutama teknik menggambar ala Jepang . Hasil dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan peserta pelatihan akan bertambah pengetahuannya tentang budaya Jepang khususnya budaya pop manga dan anime khususnya teknik menggambar ala Jepang.

Para Peserta di acara PKM