PKM “Being Critical on Literature”

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) program studi Bahasa Inggris merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan para dosen STBA JIA. Kegiatan PkM kali ini berupa seminar yang bekerja sama dengan SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi yang berlokasi di kec. Tambun Selatan kab. Bekasi. Seminar kali ini mengangkat tema “Being Critical on Literature” pada tanggal 22 Agustus 2022.

Seminar literatur yang dilaksanakan oleh tim PkM dianggotai oleh Beny Alam, S.S., M.Pd. selaku ketua pelaksana dan beberapa anggota tim seperti Ali Khamainy, S.T., M.M. dan Elsan Arvian, S.S., M.Hum. Bertindak sebagai pembicara dari seminar ini adalah Fitra Mandela, S.S., M.Hum. yang juga sesuai dengan kepakaran beliau sebagai dosen yang mengampuh mata kuliah sastra. Mahasiswa yang terlibat terdiri dari Muhammad Abdu Khoirul Umam (D3 Bahasa Inggris) sebagai pembawa acara dan dua orang lainnya sebagai operator teknis, Fajar Nurhidayat (S1 Sastra Inggris) dan Eko Rahmadany (S1 Sastra Jepang).

Kata sambutan dari Ketua STBA JIA

Seperti yang kita ketahui, indeks literature di kalangan pelajar masih sangat rendah dan belum ada peningkatan yang drastis. Oleh karenanya, STBA JIA berupaya untuk berperan kontributif untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya literasi yang hasrus ditanamkan kepada para pembelajar di tingkat sekolah menengah atas. Kegelisahan pelajar SMK yang menganggap literature tak ada kaitannya dengan dunia kerja seolah terjawab sudah.

Literature bukanlah terbatas pada ruang pemikiran karya-karya klasik yang tertuang dalam bentuk puisi, novel, prosa, dsb. Literature adalah seluruh rangkaian kata-kata maupun simbol yang bermakna yang dapat difahami dan “dibaca” situasinya dalam dunia nyata. Literature terdapat dalam karya film modern atau di setiap realita kehidupan yang bersifat verbal maupun non-verbal. Sasaran dari disiplin ilmu ini adalah berusaha untuk secara kritis melakukan pembacaan karakter yang bahkan bersifat tersembunyi yang mungkin tak terpikirkan oleh sementara orang.

Sekiranya, pembacaan situasi secara kritis sangatlah diperlukan bagi generasi muda baik dari kalangan mahasiswa maupun dari komunitas pelajar. Pelajar adalah suatu orang-orang penerus yang kelak akan mengisi ruang kehidupan di dunia kerja maupun di dunia pendidikan kelak. Kemampuan kritis dan analisa mendalam akan sangat membantu mereka dalam mengidentifikasi suatu permasalahan yang kemudian akan dipecahkan menjadi sebuah jalan keluar positif.

Pemaparan materi oleh Fitra Mandela, S.S., M.Hum.

Acara seminar dihadiri oleh siswa-siswi kelas 12 SMK Telekomunikasi Telesandi. Kepala Sekolah, Bpk. Guruh Wijanarko, S.T., disertai beberapa orang guru menyambut baik tim PkM STBA JIA di aula. Seminar “Being Critical on Literature” ini berjalan dengan lancar yang diakhiri dengan pengundian hadiah bagi siswa–siswi yang berpartisipasi dalam polling feedback dan serah terima penghargaan kepada perwakilan sekolah sebagai bentuk saling menghargai dalam bekerja sama.

Sesi tanya jawab oleh salah seorang peserta seminar

E-certificate diberikan kepada seluruh peserta dari siswa-siswi SMK Telekomunikasi Telesandi yang telah ikut andil dalam acara seminar agar menjadi nilai jual positif bagi mereka. Akhir kata, STBA JIA sebagai kampus yang bergerak di bidang bahasa asing memiliki harapan yang besar agar bisa terus memberikan pengabdian dalam bentuk terbaiknya kepada generasi muda secara khusus dan masyarakat luas secara umum.