PKM “Pelatihan Penulisan Huruf Kana”

 

Pengabdian kepada Masyarakat adalah salah satu kegiatan  yang wajib dilakukan oleh Dosen Perguruan Tinggi sebagai salah satu Tridarma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu Program Studi Bahasa Jepang (D3) STBA JIA Bekasi, melaksanakaan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat)  berupa Pelatihan Penulisan Huruf Kana di SMA Yadika 13, Kabupaten Bekasi pada Jumat, 27 Mei 2022. Alasan yang melatarbelakangi pemilihan tema tersebut adalah bahasa Jepang banyak diajarkan sebagai ekstrakurikuler di SMA atau SMK. Dari beberapa kegiatan PKM yang diselenggarakan STBA JIA, banyak sekali peserta yang merupakan siswa SMA atau SMK menginginkan tema kegiatan yang berhubungan dengan budaya Jepang seperti budaya kuliner, pakaian, anime, permainan tradisional Jepang dan masih banyak lagi.  Salah satu bentuk  masukan para siswa dalam memberikan feed back setelah berakhirnya kegiatan PKM sebelumnya adalah  supaya siswa SMA yang hanya belajar Jepang dalam waktu singkat dapat diperkenalkan dengan huruf Jepang. Sering sekali di televisi, koran, iklan majalah dan lainnya menampilkan tulisan Jepang seperti Kana dan Kanji, sehingga banyak siswa yang ingin dapat membaca atau menulis huruf Jepang terutama kana (Hiragana dan Katakana) dengan baik dan benar.

Program Studi Bahasa Jepang STBA JIA berupaya membuat kegiatan PKM dengan mengenalkan pada siswa bagaimana cara menulis huruf Jepang yaitu kana, yaitu Katakana. Dengan pelatihan yang dilaksanakan kurang lebih dua jam, diharapkan siswa dapat menulis dan membaca dalam huruf kana, setidaknya dapat menuliskan nama mereka sendiri dan nama orang Indonesia dalam kana. Kegiatan dengan tema “Pelatihan Penulisan Huruf Kana” ini diselenggarakan oleh Program Studi Sastra dan Bahasa Jepang STBA JIA dengan diketuai oleh Ibu Siti Nur Isnaini, S.S., M.Pd., dan beranggotakan empat dosen yaitu Ibu Ani Sunarni, S.S., M.Pd., Ibu Yusnida Eka Puteri, S.S., M.Si., Ibu Aam Hamidah, M.Pd. serta Ibu Efit Fitri, S.S., M.Hum., Peserta pada kegiatan PKM ini diikuti oleh 20 orang siswa, dibantu dengan satu guru Pembina Ekstra kurikuler. Dari STBA JIA, juga mengajak dua orang mahasiswa yaitu Surya Wakhid Ramadhan dan Muhammad Rizky yang turut membantu dalam dokumentasi kegiatan.

Acara dimulai pada pukul 9 pagi, di halaman sekolah dan bertepatan dengan pelaksanaan Pentas Seni oleh guru dan Siswa SMK Yadika 13 Bekasi. Tim mempersiapkan alat-alat peraga berupa laptop, kertas origami, spidol, dan papan tulis white board ukuran sedang (100×80 cm). Para pemateri mengajarkan siswa dalam mengenalkan salah satu huruf kana yaitu Katakana. Huruf Katakana di Jepang biasanya digunakan untuk menulis kosakata bahasa dari luar Jepang atau bahasa asing. Untuk kosakata asli Jepang, dapat ditulis dengan Kanji atau Hiragana.

Pemateri Ibu Siti Nur Isnaini S.S., M.Pd. (gambar atas) dan Ibu Ani Sunarni, S.S., M.Pd. (gambar bawah) sedang menjelaskan cara penulisan dan penggunaan huruf Kana pada siswa

Pemateri mengenalkan bentuk Katakana dan menjelaskan pada siswa tentang penggunaanya. Pada sesi pelatihan ini, setelah siswa belajar Kana, ditugaskan untuk menuliskan nama-nama mereka dan nama tema-temannya menggunakan Katakana. Selanjutnya, nama-nama tersebut mereka tuliskan pada kertas origami warna-warni yang sudah dibentuk name tag. Meskipun agak sulit menghapalkan serta menuliskannya, diharapkan setelah kegiatan ini, para siswa dapat lebih baik lagi untuk menghapal dan memahami urutan langkah penulisana katakana serta penggunaannya dalam Bahasa Jepang.

Nama-nama pada kertas origami bentuk name tag yang ditulis dengan katakana

Pada akhir acara dilakukan serah terima plakat dan kenang-kenangan dari STBA JIA  kepada pihak SMK Yadika 13 Bekasi. Tim PKM Program Studi Bahasa Jepang STBA JIA berharap acara serupa dapat terus dilanjutkan dengan berbagai tema supaya siswa-siswa SMA/SMK dapat belajar tentang bahasa dan budaya Jepang dengan lebih baik lagi.

 

Peserta pelatihan menunjukkan hasil tulisan menggunakan huruf Katakana