PKM “Pengenalan 5S Sebagai Budaya Kerja Jepang” (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke)

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Program Studi Bahasa Jepang (S1) STBA JIA melaksanakaan PKM berupa seminar poster dengan tema Pengenalan 5S Sebagai Budaya Kerja Jepang. Seminar poster ini diadakan berkerja sama dengan SMA Yadika 13 pada hari Jumat, 27 Mei 2022 dan bertempat di SMA Yadika 13 Tambun.

Bahasa Jepang merupakan bahasa asing ke dua setelah bahasa Inggris yang banyak dipelajari di SMA berbagai sekolah. Beradasarkan responden pemelajar bahasa Jepang yang berasal dari kalangan murid SMA, kebanyakan mereka tertarik dengan bahasa Jepang karena menyukai budaya Jepang, ingin bekerja di perusahaan Jepang, atau bekerja di Jepang. Selain itu, lokasi SMA Yadika 13 berada di Tambun, yang dekat dengan Kawasan industri Cibitung dan Cikarang. Banyaknya perusahaan Jepang yang berada di lokasi tersebut, mendorong tim PKM STBA JIA dan SMA Yadika 13 untuk mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa Pengenalan budaya kerja Jepang, khususnya yaitu 5S.

Poster pengenalan Budaya 5S

Pengenalan 5S yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke sebagai budaya Jepang disampaikan melalui seminar poster. Penjelasan mengenai 5S dirangkum dalam poster berukuran B1 (70×100) dan kemudian penjelasan secara langsung disampaikan pada hari pelaksanaan PKM.

 Antusias Peserta PKM mendengarkan penjelasan Dosen STBA JIA

Kegiatan dilaksanakan pada Jumat, 27 Mei 2022. Acara dimulai dari pukul 10.00, dan berakhir tepat pukul 12.00. Seluruh kegiatan dilaksanakan bersama-sama oleh tim PKM yang terdiri atas dosen yaitu Shabrina Rahmalia, M.Hum, Anggiarini Arianto, S.S., M.Hum, Rahayu Aprilianti, S.S., M.Pd, dan Rosi Novisa Syarani, M.Pd serta mahasiswa dan siswa sebagai peserta. Pada saat acara pelatihan, peserta mendengarkan penyampaikan materi yang dibawakan oleh tim dosen. Setelah penyampaian materi, terdapat sesi diskusi dan tanya jawab. Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Kegiatan PKM di SMA Yadika 13 dengan judul “Pengenalan 5S Sebagai Budaya Kerja Jepang” diharapkan dapat menambah wawasan siswa-siswa dan dapat menerapkan nilai-nilai budaya kerja Jepang dalam dunia kerja setelah lulus sekolah.