PKM “Improving English Skills in Discussion Club” kepada Klub Bahasa Inggris SMK Sumber Daya Bekasi

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris STBA JIA mengadakan PKM kepada siswa SMK Sumber Daya Bekasi pada hari Rabu, 21 Desember 2022. Tema kegiatan ini adalah “Improving English Skills in Discussion Club”, diskusi budaya dalam Bahasa Inggris untuk mengedepankan penerapan ketrampilan Bahasa Inggris menggunakan topik film (movie watching). Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan bahasa asing khususnya Bahasa Inggris terutama dengan metode movie watching dan diskusi budaya yang akan disampaikan oleh penutur asli, mempraktikkan kemampuan menganalisis dan berdiskusi dalam Bahasa Inggris dengan topik budaya, dan menumbuhkan minat para siswa/i terhadap keterampilan berbicara Bahasa Inggris.

Para Peserta datang ke kampus STBA JIA dan disambut oleh Mr. Wawan Setiawan, S.Pd., MA.

Kegiatan ini diawali dengan tur kampus dari lantai 1 hingga lantai 4 yang dipandu oleh dosen Mr. Wawan Setiawan S.Pd., M. A dan mahasiswa Ceicilia dan Daud. Pada sesi ini, siswa dikenalkan tidak hanya fasilitas yang dimiliki oleh STBA JIA, namun juga berbagai kegiatan yang dilakukan di lingkungan kampus.

Sambutan dari Mrs. Ester Ria Romauli, SS., M.Pd.

Diakhir sesi tur kampus, siswa diarahkan masuk ke ruangan London, menerima tiket nonton dan kudapan. Mrs. Ester bertindak sebagai moderator memperkenalkan tim PKM.

Penjelasan tentang Movie Discussion Club oleh ketua pelaksana PKM yaitu Ms. Winda Lutfiyanti, M.Pd.

Dilanjutkan dengan penjelasan tentang Movie Discussion Club, ketua pelaksana, Ms.Winda Lutfiyanti, M.Pd,  menjabarkan dengan rinci kegiatan, topik dan analisis yang biasa didiskusikan mahasiswa di klub tersebut. Hal ini dilakukan mengingat siswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah anggota English Club (Klub Bahasa Inggris) di sekolah.

Penjelasan singkat oleh native speaker STBA JIA yaitu Mr. Sajjaad Daood Ali

Para peserta antusias menonton film The Last Samurai

Kemudian, siswa mendapatkan penjelasan singkat tentang worksheet yang akan didiskusikan dari native speaker, Sajjaad Daood Ali. Topik yang menjadi fokus diskusi adalah budaya yang ditemukan pada beberapa adegan dalam film The Last Samurai. Setelah mendengarkan instruksi, siswa menonton film dengan antusias. Selama proses menonton ini, siswa menuliskan informasi terkait budaya yang ditemukan.

Diskusi dan analisis film juga dibantu oleh Dosen STBA JIA yaitu Mrs. Inta Masni Sinaga, SS., M.Hum

Dari informasi yang telah dikumpulkan, siswa kemudian menyempurnakan analisis mereka dibantu oleh dosen dan mahasiswa. Mereka juga didorong untuk berbagi ide dengan siswa lainnya. 

Antusiasme para peserta untuk mengajukan analisis

Para peserta yang berhasil menganalisis dan dinilai baik maka mendapatkan hadiah

Untuk menyimpulkan hasil diskusi, Mr. Sajjaad meminta beberapa siswa untuk menyampaikan hasil analisis mereka di depan kelas. Tidak sedikit siswa yang tertarik menyampaikan pemikirannya karena selain mendapatkan apresiasi dari native speaker, mereka juga mendapatkan hadiah.

Penyerahan cinderamata dari STBA JIA kepada Bapak Nugroho

Penyerahan plakat oleh Bapak Nugroho kepada Ketua pelaksana PKM

Di penghujung acara, dilakukan pemberian cinderamata dari STBA JIA yang diwakili oleh ketua tim PKM kepada Bapak Nugroho selaku guru pembina klub Bahasa Inggris SMK Sumber Daya Bekasi, begitupun sebaliknya. Kegiatan PKM ini ditutup dengan foto bersama.

Foto bersama seluruh peserta PKM, Dosen dan Mahasiswa STBA JIA