PKM “Pelatihan Bahasa Jepang Dasar” di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi

 

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) telah dilaksanakan di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi pada tanggal 19 Mei 2023 dengan mengambil tema “Pelatihan Bahasa Jepang Dasar” tentang Perkenalan diri (Jiko Shoukai) dan Salam (Aisatsu). PKM kali ini diketuai oleh Siti Nur Isnaini, S.S., M.Pd. dengan beranggotakan dosen Program Studi Sastra dan Bahasa Jepang STBA JIA yaitu Elli Rahmawati Zulaeha, S.Pd., M.Si., Aam Hamidah, M.Pd., dan Onin Najmudin, S.S., M.Hum. STBA JIA mengajak serta dua mahasiswa yaitu Chandra Kharisma Putra dan Muhammad Agung Attamami sebagai panitia yang bertugas mendokumentasikan selama kegiatan PKM berlangsung.

Peserta yang hadir adalah siswa Kelas X, berjumlah 200 orang. Kegiatan ini berlangsung dimulai dari pemaparan pemateri utama Ibu Elli Rahmawati Zulaeha,S.Pd.,M.Si. tentang perlunya belajar bahasa asing karena perkembangan dunia menuntut penguasaan terhadap bahasa asing terutama bahasa Jepang. Selanjutnya Tim PKM memberikan siswa pelatihan bahasa Jepang dasar tentang “Jiko Shoukai” dan “Aisatsu”. Perkenalan diri atau Jiko Shoukai adalah budaya tatakrama orang Jepang ketika memperkenalkan diri kepada orang lain khususnya pada waktu formal. Selanjutnya  Aisatsu adalah budaya sehari-hari orang Jepang dalam menyapa/memberikan salam kepada orang lain, karena kebiasaan memberikan salam ini sangat penting dilakukan dalam masyarakat Jepang dalam menjaga hubungan baik dengan orang lain

 

Pemateri memberikan pelatihan bahasa Jepang dasar kepada peserta PKM

 

Salah satu peserta dipandu Elli Sensei mempraktekkan hasil pelatihan Jiko Shoukai dan Aisatsu

 

Pemberian cenderamata bagi peserta yang dapat mempraktekkan Jiko Shoukai dan Aisatsu dengan tepat

Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama peserta, panitia tim PKM STBA JIA dan Tim SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Keseluruhan peserta mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai dengan penuh antusias. Untuk kegiatan berikutnya mudah mudahan acara PKM ini bisa dilaksanakan kembali dengan mengusung tema yang lebih menarik dan betul-betul dapat dirasakan kebermanfaatannya bagi peserta pengguna PKM  terutama di sekolah-sekolah lainnya di wilayah Jabodetabek.

 

Foto bersama seluruh peserta PKM, Dosen STBA JIA dan Guru SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi