PKM “Pelatihan Etika Penggunaan Transportasi di Jepang”

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Sastra Jepang STBA JIA telah sukses dilaksanakan dengan bekerjasama dengan SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, pada hari Rabu, 23 November 2022  dimulai pukul 16.00 WIB dengan peserta sebanyak 50 orang siswa dari kelas X, XI dan XII mengambil Tema PkM “Pelatihan Etika Penggunaan Transportasi di Jepang”, melalui tema ini, mengangkat salah satu etika dalam masyarakat Jepang tentang tatacara etika penggunaan transportasi di Jepang dengan tujuan mengenalkan jenis-jenis alat transportasi yang dipergunakan di negara Jepang, kemuadian juga mengenalkan seperti bagaimana cara menggunakan mesin-mesin/perangkat ketika membeli tiket, bagaimana cara mengetahui keberangkatan dan kedatangan trasnportasi, etika/aturan yang harus diperhatikan ketika naik dan turun serta etika ketika berada dalam transportasi tersebut.

Dalam pelatihan ini, Tim PkM dari STBA JIA terdiri dari empat orang pengajar Bahasa Jepang (Dosen) yaitu Ibu Aam Hamidah, M.Pd., Ibu Ani Sunarni, S.S., M.Pd., Ibu Rahayu Aprilianti, S.S., M.Pd, dan Ibu Siti Nur Isnaini, S.S., M.Pd., dan dibantu tiga mahasiswa STBA JIA yaitu Vivit Novitasari, Lulu Anjani, dan Annisa Sri Suryani. Dari SMK Telekomunikasi Telesandi diwakili oleh Ibu Ghaida Choerunisa, S.Pd. selaku pengampu kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang. Pemateri utama sekaligus ketua pelaksana PkM Ibu Aam Hamidah, M.Pd. menyampaikan materi berupa video dan slide-slide yang menggambarkan kondisi transportasi di Jepang.

Ibu Aam Hamidah, M.Pd. sebagai pemateri utama PKM sedang menjelaskan tentang sistem transportasi di Jepang

Para peserta dengan antusias memberikan tanggapan, pertanyaan dan pendapatnya, salah satu yang mendapat tanggapan yaitu tentang perbedaan transportasi negara Jepang dan negara Indonesia, seperti Shinkasen (Kereta Cepat Jepang), kedispilnan masyarakat Jepang dalam hal ketepatan waktu kedatanagan dan keberangkatan transportasi, kedisiplinan mematuhi aturan berkendaraan, menjaga kebersihan dan  merawat alat alat trasportasi tersebut. Kemudian kegiatan berakhir dengan sesi tanya jawab dan kuis.

Para peserta antusias mengikuti kegiatan PKM pada saat sesi kuis secara berkelompok

Penyerahan hadiah kepada tim pemenang kuis yang dipandu mahasiswa STBA JIA

Kegiatan PkM dengan mengambil tema tersebut selain mengenalkan salah satu etika masyarakat Jepang, diharapkan peserta dapat mempunyai pengetahuan yang berkaitan tentang hal tersebut, menambah wawasan tentang perbedaan kebiasaan antara negara Jepang dan negara Indonesia, sehingga akan tercipta  saling memahami dan menghargai tentang budaya yang berbeda, dapat memilih, mengambil dan menerapakan sesuatu yang sekiranya sesuai dengan adat kebiasaan kita.

Untuk ke depannya semoga dengan kegiatan ini dapat lebih mengenalkan dan memberikan pelatihan dengan mengambil tema  yang memang sangat dibutuhkan oleh khalayak sasaran pengguna PkM, dengan demikian kegiatan PkM ini tidak hanya sekedar untuk memenuhi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi tapi memang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitarnya khususnya daerah Bekasi dan sekitarnya. Dan dengan demikian keberadaan kampus Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA juga dapat terus memberikan kontribusinya khususnya bagi masyarakat Bekasi.

 

Foto bersama para pemateri dan peserta kegiatan PKM dari SMK Telekomunikasi Telesandi