PKM “Pelatihan Pembuatan Sketsa Manga sebagai Budaya Populer Jepang”

Budaya populer dijadikan salah satu komponen media pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar. Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Budaya populer dari Jepang meliputi anime, manga, cosplay, game, j-pop, dan sebagainya. Salah satu budaya populer yang banyak diminati kalangan SMA adalah manga. Manga merupakan komik khas Jepang. Manga telah menyebar ke seluruh dunia dengan ciri khas gambar yang unik yang membedakan manga dengan komik pada umumnya. Salah satu wujud dari Tridarma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Program Studi Bahasa Jepang (S1) STBA JIA melaksanakaan kegiatan berupa pelatihan dengan tema Pembuatan Sketsa Manga. Kegiatan PKM ini diadakan berkerja sama dengan SMAN 1 Tambun Selatan pada hari Kamis, 15 Desember 2022, Pukul 10.00.

 

Ibu Shabrina Rahmalia, M.Hum sebagai pemateri utama PKM sedang menjelaskan tentang Anime dan Manga sebagai Budaya Populer Jepang

Mahasiswa STBA JIA mempraktekan sketsa gambar Manga menggunakan Alat Drawing Tablet

Sebelum acara, tim PKM sudah menyiapkan peralatan menggambar seperti kertas sketsa, pensil, rautan, penghapus, dan spidol menggambar. Pada hari acara, pemateri dari dosen yaitu Shabrina Rahmalia, M.Hum menyampaikan materi mengenai ‘Anime dan Manga sebagai Budaya Populer Jepang’. Setelah penyampaian materi, MC yang dipandu oleh dosen yaitu Anggiarini Arianto, SS, M.Hum dan dibantu oleh Yusnida Eka Puteri, SS, M.Si membagi siswa siswi menjadi 3 kelompok yang akan didampingi oleh 3 fasilitator dari mahasiswa yaitu, Yuda (Semester 7), Ananda Rizki (Semester 1) dan Ade Rahmawati (Semester 7). Setelah dibagi kelompok, 1 orang mahasiswa yaitu Ravina (semester 7) melakukan demo membuat sketsa manga dasar yaitu karakter wajah. Setiap siswa siswi mengikuti arahan dari Ravina dan dibantu oleh fasilitator dari tiap kelompok.

Antusiasme para Peserta untuk belajar menggambar Manga yang dipandu oleh Mahasiswa STBA JIA

Setelah selesai menggambar sketsa wajah, dosen dan fasilitator mendiskusikan 3 gambar sketsa terbaik. 3 gambar terbaik mendapatkan souvenir yang telah disiapkan oleh tim PKM. Dari hasil kegiatan PKM di SMAN 1 Tambun, siswa siswi antusias mengikuti kegiatan PKM ini dan banyak dari mereka yang menyukai budaya Jepang khususnya manga dan anime, bahkan beberapa dari mereka memiliki hobi menggambar. Mereka dapat memahami dengan baik pemaparan pemateri mengenai gambar sketsa wajah manga Jepang.

Beberapa sketsa Manga hasil karya para Peserta PKM

Penyerahan hadiah kepada tim pemenang kuis yang dipandu mahasiswa STBA JIA

Foto bersama para pemateri dan peserta kegiatan PKM dari SMAN 1 Tambun Selatan