PKM “Pengenalan dan Pelatihan Shodou untuk Mengekspresikan Keindahan Aksara Kanji Dasar”

Berbicara tentang Jepang, tentu saja tidak lepas dari kekayaan budayanya, salah satunya adalah tulisan atau huruf. Huruf Jepang terdiri dari Hiragana, Katakana, dan Kanji. Kesemuanya itu mempunyai kesulitannya tersendiri ketika kita mempelajarinya. Namun demikian, ada cara yang bisa dipergunakan untuk mempelajari huruf-huruf tadi yaitu dengan shodou atau dikenal dengan kaligrafi. Dengan cara seperti ini kita dapat menghafal coretan-coretan dalam penulisan huruf-huruf Jepang. Kegiatan shodou ini diadakan bekerja sama dengan SMAN 1 Tambun Selatan pada hari Kamis, 15 Desember 2022, Pukul 11.00 WIB. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini sebagai bukti nyata dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.

Beby Fitri Xaviera G, S.S, M.Si sensei sedang menerangkan tentang huruf-huruf dalam Bahasa Jepang.

Para siswa sedang bersiap-siap untuk belajar menulis nama mereka dengan huruf Katakana dan menulis aksara-aksara kanji yang popular.

Pada acara kali ini kita juga dibantu oleh beberapa mahasiswa sebagai pemandu gambar Calista Theresia Situmeang, Muhammad Wildan Yudi Setiawan dan pemandu penulisan huruf Sakinah Amalia dan Badi Azami. Para dosen sebagai fasilitator juga ikut serta demi keberlangsungan acara. Sebagai MC pada kesempatan ini dipandu oleh Elli Rahmawati Z, S.Pd, M.Si, dosen-dosen yang menjadi fasilitator yaitu, Rainhard Oliver sensei dan Onin Najmudin sensei. Dalam praktek penulisan para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk belajar menulis terlebih dahulu dengan peralatan yang sudah disediakan. Peralatan untuk melakukan shodou yaitu, kuas kecil, tinta hitam, dan kertas kalkir atau dapat diganti dengan kertas HVS untuk menuliskan aksara kanji atau huruf-huruf Jepang lainnya.

Pembagian hadiah kepada para siswa yang dapat menuliskan huruf kanji dengan baik

Foto bersama para pemateri dan peserta kegiatan PKM dari SMAN 1 Tambun Selatan