PKM “English Conversations in Hotels and Restaurants” di SMK Persada Husada Indonesia

 

Pada hari Rabu, 22 November 2023, Prodi Inggris STBA JIA mengadakan kegiatan PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) di SMK Persada Husada Indonesia yang berada di Jalan Nyai Dewi Mayangsari, Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris di bidang “Hotels & Restaurants”. PKM yang diketuai oleh Mr. Wawan Setiawan, S.Pd., M.A. ini dihadiri oleh 65 siswa-siswi jurusan Perhotelan dan Keperawatan.

Pertama-tama, acara dibuka oleh Mr. Beny Alam, SS., M.Pd. sebagai moderator. Beliau menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya acara dan berterima kasih kepada para siswa yang berkumpul untuk mendengarkan materi. Tak lupa beliau melontarkan candaan dan pantun untuk mencairkan suasana.

 

Pemaparan Mr. Beny Alam, SS., M.Pd. sebagai moderator

Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana acara yaitu Mr. Wawan Setiawan, S.Pd., MA. Beliau memberikan sambutan hangat dengan mengucapkan rasa terima kasih kepada para siswa, guru dan rekan-rekan dosen yang telah membantu proses terlaksananya acara. Akhir kata, beliau juga berharap kelancaran dalam menjalankan PKM di hari tersebut.

 

Sambutan dari Ketua Pelaksana acara yaitu Mr. Wawan Setiawan, S.Pd., MA.

Inti dari PKM adalah penyampaian materi kepada siswa. Materi pertama yang berjudul “Careers in Hotels & Restaurants”, disampaikan oleh Mrs. Esterria Romauli, SS., M.Pd berdasarkan pengalaman karirnya sebagai mantan trainer di hotel-hotel ternama. Beliau juga menyampaikan bahwa terdapat banyak bagian dalam industri perhotelan, sehingga tidak menutup kemungkinan siswa keperawatan dapat bekerja di hotel berbintang. Maka dari itu, pekerja hotel wajib memiliki kemampuan berbahasa Inggris sampai Intermediate untuk bisa berinteraksi dengan tamu mancanegara.

 

Pemaparan materi PKM oleh Mrs. Esterria Romauli, SS., M.Pd

Materi selanjutnya dibawakan oleh Mr. Sajjaad Daood Ali dengan judul English Conversations in Hotels and Restaurants. Beliau memulai sesinya dengan ice breaking “simon says”, lalu masuk kepada materi yang menunjukkan pentingnya menguasai skill berbahasa Inggris dalam dunia kerja. Bagi Mr. Sajjaad, komunikasi yang baik merupakan salah satu pelayanan yang bisa diberikan kepada tamu hotel.

 

Pemaparan materi PKM oleh Mr. Sajjaad Daood Ali

Sesi pemateri ditutup dengan QnA yang ditujukan kepada kedua pemateri. Adapun beberapa pertanyaan dari siswa yang muncul, dari tantangan bekerja di hotel berbintang sampai dengan kiat percaya diri saat berkomunikasi dengan bahasa Inggris dijawab dengan baik oleh Mrs. Ester maupun Mr. Sajjaad. Atas antusiasmenya, para penanya mendapatkan souvenir dari STBA JIA.

 

Antusiasme peserta PKM dalam sesi tanya jawab

Di penghujung acara, pihak SMK Persada Husada Indonesia mengucapkan terima kasih kepada STBA JIA yang telah bersedia mengunjungi sekolah mereka lagi, membagikan ilmu yang bermanfaat kepada para siswa. Setelah itu, Mr. Beny, selaku moderator mengakhiri acara dengan foto bersama.

 

Sesi foto bersama seluruh panitia dan peserta PKM