PKM “Menepis Stereotip Jurusan Sastra: Peluang dan Relevansinya di Dunia Nyata”

 

Silaturahmi dosen STBA JIA dan Sekolah SMA Negeri 2 Cibitung

Program Studi Bahasa Inggris STBA JIA telah melaksanakan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) pada tanggal 13 dan 14 September 2023 di SMA Negeri 2 Cibitung. Acara pada hari kedua yang bertepatan tanggal 14 September memiliki tema Menepis Sterotip Jurusan Sastra: Peluang dan Relevansinya di Dunia Kerja. Kegiatan ini diketuai oleh Beny Alam, S.S., M.Pd. dengan beranggotakan tiga dosen sastra Inggris yaitu Ali khamainy S.T., M.M., Wawan Setiawan, S.Pd., M.A., dan Fitra Mandela S.S., M.Hum. Turut serta juga partisipasi dua mahasiswa yaitu Muhammad Ryan Fadhillah dan Chandra Kharisma Putra sebagai panitia yang membantu jalannya acara sebagai moderator dan operator.

Peserta yang menghadiri kegiatan ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 89 siswa yang dikumpulkan di ruangan laboratorium SMA setempat lalu dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh Muhammad Ryan Fadhillah sebagai moderator. Inti kegiatan PkM adalah pemaparan materi yang disampaikan oleh Fitra Mandela S.S., M.Hum. Tema tersebut dimaksudkan untuk memberi pencerahan terkait apa itu kuliah sastra Inggris dan bagaimana peluangnya kelak saat benar-benar terjun ke dunia kerja. Acara berlangsung lancar dengan mendapat atensi dari para peserta maupun audiens kegiatan.

 

Sesi foto seluruh panitia dan peserta setelah acara

Setelah materi diberikan, para siswa kelas XII mendapat pelatihan dasar mengenai tes proficiency atau kemahiran dalam Bahasa Inggris menurut CEFR (Common European Framework Reference) yang dapat menentukan level Bahasa Inggris seseorang. Kegiatan diakhiri penutupan oleh Bpk. Imron Hadi, S.S., M.Hum. sebagai perwakilan dari STBA JIA dan Bpk. Endang Misbah Kurniawan S.Pd., M.M. sebagai perwakilan dari pihak sekolah berikut dokumentasi penyerahan plakat kerjasama sebagai tanda silaturahmi kedua belah pihak.